Awal yang Berat Tak Menjadi Pikiran Bagi Klopp

Mengawali musim berhadapan dengan Arsenal di markas lawan tentu akan berjalan sulit. Tidak hanya hal tersebut, Liverpool masih perlu melangsungkan laga ke markas Burnley dan juga Tottenham Hotspur.

Liverpool dapat dikatakan memiliki start pada musim yang paling berat untuk Premier League musim 2016/2017. Pasalnya, 5 laga pertamanya ialah berhadapan dengan Arsenal, Burnley, Spurs, Leicester City, dan Chelsea.

Burnley dapat dikatakan menjadi lawan yang tak terlalu sulit, namun tim yang baru promosi ini tentu tidak dapat dianggap remeh ditambah bermain di markasnya sendiri. Menghadapi Arsenal, Spurs, dan Chelsea di markas mereka masing-masing wajar akan terasa sulit, sedangkan menjadi tuan rumah untuk melawan sang juara Leicester yang akan berlangsung di Anfield akan memerlukan kewaspadaan yang besar.

Kalau itu masih belum cukup untuk jadikan sebuah tantangan besar bagi Liverpool pada awal musim ini, mereka pun masih perlu bertanding ke Burton Albion untuk pertandingan Piala Liga Inggris usai melangsungkan pertandingan antara Arsenal dan Burton. Yang berarti, 4 laga awal ‘Si Merah’ berlangsung di markas lawan.

Juergen Klopp sang manajer Liverpool mengatakan kalau ini merupakan awal yang tidaklah mudah. Namun untuknya Premier League memang selalu berat, sedangkan tampil di markas lawan tidak menjadi seuatu yang terlalu dipikirkan olehnya.

“Kami tidak dapat merubah hal tersebut. Jika Anda mencari sebuah alasan sebelum mengawali musim, maka Anda perlu memiliki sebuah persoalan,” ujar Klopp.

“Tentunya di awal akan sangat berat. Ini tidak hanya pertandingan tandang saja, namun ini pertandingan tandang ke Arsenal. Pertandingan kedua, adalah tim yang promosi pada musim lalu, dalam semangat yang tinggi dengan keadaan sekitar yang baik. Kemudian Tottenham.”

“Bukanlah hal yang mudah, namun Premier League tidak pernah berlangsung dengan mudah. Saya belum pikirkan sedikitpun tentang hal ini. Saya cuma pikirkan tentang para tim yang akan kami lawan, bukan tempat kami akan tampil. Kami akan bersedia,” ucap bekas pelatih Borussia Dortmund itu.

Pertandingan Liverpool menghadapi Arsenal yang akan berlangsung pada hari Minggu (14/8/2016) malam WIB, di Emirates Stadium.

Leave a Reply