De Gea Tidak Bersalah Atas Cetak Angka Kroasia

David de Gea dinilai sebagai penyebab terjadinya kekalahan bagi Spanyol saat melawan Kroasia. Walau begitu, Vicente del Bosque sang pelatih La Furia Roja tidak beranggapan sama dengan penilaian tersebut.

Sebelum pertandingan terakhir di Grup D melawan Kroasia, pada hari Rabu (22/6/2016) dinihari WIB, Spanyol tidak pernah dibobol sampai dengan 735 menit atau dalam 7 laga berturut-turut semenjak ditembus oleh pemain penyerang dari Italia yaitu Antonio Di Natale, di pertandingan pertama fase grup pada 4 tahun yang lalu.

Tak hanya itu, kokohnya garis belakang Spanyol pun terbukti sebab mereka tidak pernah kemasukan bola lebih dari 1 angka semenjak ditundukkan oleh Prancis pada Piala Eropa tahun 2000 dengan skor akhir 1-2.

Tapi, setiap catatan oke tersebut telah hancur karena laga yang berlangsung di Stade De Bordeaux saat mereka mau tak mau harus menerima kekalahan melawan Kroasia dengan skor 1-2. Lebih dulu unggul dengan angka yang dicetak Alvaro Morata, sebelum akhirnya 2 angka yang tercipta lewat Nikola Kalinic (menit 42) dan Ivan Perisic (menit 87) membobol gawang yang di jaga De Gea.

De Gea akhirnya dikaitkan dengan kebobolan angka itu, mengingat 2 angka itu masuk ke dalam gawang yang dijaga oleh penjaga gawang yang berusia 26 tahun itu. Sejumlah angka yang semakin membuat butuk catatan kemasukan angka De Gea sejak menjadi penjaga gawang utama dari ‘Tim Matador’.

Karena di 21 laga kompetitif terakhir, Spanyol kemasukan angka 10 kali yang 7 di antaranya tercipta ketika De Gea menjaga gawang. 3 angka lainnya masing masing dijaga oleh Sergio Rico, Sergio Asenjo, dan Kiko Casilla. Sedangkan Iker Casillas yang dinilai telah “habis” malah tak pernah kebobolan.

Walau begitu, Del Bosque sebagai pelatih masih membela pemainnya yang dinilai tidak bertanggung jawab dengan kebobolan angka itu terkain dengan dirinya tidak berusaha dengan maksimal dalam 90 menit pertandingan berlangsung.

“Ia tak banyak berusaha di laga tadi, kami tak dapat salahkan dirinya dalam kebobolan angka itu. Awalnya dengan menyerang balik dan sama dengan yang kedua. Semua pemain bisa disalahkan,” ucap Del Bosque.

Leave a Reply