Hodgson Meminta Inggris Lebih Tajam Melawan Islandia

Roy Hodgson sang pelatih tim nasional Inggris memprediksikan Islandia bakal tunjukkan gaya bermain bertahan. Inggris juga diminta tampil tajam dan fokus dalam memanfaatkan kesempatan yang ada.

Inggris akan melawan Islandia di babak 16 besar pada Piala Eropa ini yang akan berlangsung di Allianz Riviera, pada hari Selasa (28/6/2016) dinihari WIB. Menunggu laga ini, ada sebuah hal yang membuat Hodgson khawatir, yaitu berhubungan dengan cara bermain bertahan dari lawan.

Hodgson memprediksikan keadaan yang hamper sama dengan langkah di tahap grup sebelumnya, yang saat itu Inggris melawan beberapa tim yang lebih sering menanti di bagian pertahanan. Sebab itulah Inggris merasa sulit dan hanya bisa mencetak 3 angka pada 3 pertandingan dan cuma 1 kali menang sedangkan 2 laga lain mendapatkan hasil imbang.

Berjaga-jaga hal yang sama akan terjadi, Hodgson akui harus menggali kembali ketajaman dan juga naluri untuk membuat peluang pada para pemainnya. Ini semua dilakukan agar keunggulan mereka dalam menguasai bola tidak sia-sia.

Tercatat sampai sekarang Inggris menempati urutan ke 5  sebagai tim yang memiliki penguasaan bola paling tinggi, yaitu sampai 57 persen. Ketepatan mereka dalam memberi umpan pun berada di urutan ke 5 mencapai 89 persen.

Dengan dominasi bola itu, sampai sekarang ‘Tiga Singa’ sudah melakukan 65 usaha, yang cuma dikalah oleh Portugal yang melakukan 69 kali percobaan. Tapi dari jumlah itu, hanya 15 usaha yang melesat ke sasaran dan hanya 3 yang menjadi gol.

“Aku khawatir hal ini hampir sama dengan pertandingan grup kami sebab Islandia bukanlah tim yang ekspansif. Keberhasilah mereka telah diciptakan dari organisasi bertahan yang begitu kokoh dan cara usaha yang sangat hebat,” ujar Hodgson.

“Aku mengetahui persis tentang pelatihnya, dia melakukan persiapan untuk timnya dengan gaya tersebut maka saya tak merasa akan meraih keuntungan banyak dalam mencari ruang pada laga nanti.”

“Maka kami harus menyadari akan hal tersebut dan semoga dapat mengunci keunggulan yang telah nampak pada beberapa pertandingan kami.”

Leave a Reply