Musim 2016/2017 Skuat MU Termahal Selama Sejarah Sepakbola

Tak sempat sebelumnya ada tim sepakbola  lewat skuat dengan dana paling mahal yang dimiliki oleh Manchester United pada musim ini. Nilai jumlah para pemain MU sampai dengan 10,46 triliun rupiah.

Begitulah hasil penelitian yang telah dihitung oleh CIES Football Observatory. Nilai dalam skuat diraih lewat dana yang terpakai untuk lakukan belanja pemain dan selanjut membentuk skuat masing-masing dari tim.

Munculnya Paul Pogba menjadi pemain paling mahal di dunia dan berbagai pembelian besar pada Eric Bailly dan Henrikh Mkhitaryan bikin MU tercatat sebagai klub yang mempunyai skuat termahal sampai dengan 718 juta euro, jumlah itu sama dengan 10,46 triliun rupiah. Skuat Jose Mourinho pun menjadi skuat paling mahal selama sejarah sepakbola.

CIES sebut bahwa nominal skuat MU pada musim ini bertambah tajam dari 2,7 triliun rupiah daripada tahun kemarin.

MU kalahkan Real Madrid yang berada di urutan kedua. Walau memiliki 2 orang pemain yang sempat pecahkan rekor transfer, skuat El Real skarang ini seharga dengan 634 juta euro (sekitar 9,23 triliun rupiah).

Urutan ketiga skuat paling mahal pada musim 2016/2017 milik dari Manchester City. The Citizens yang amat sibuk pada bursa transfer musim panas kemarin – seperti datangkan John Stones, Claudio Bravo, Nolito dan Leroy Sane – mempunyai skuat yang sama nilai dengan 611 juta euro (sekitar 8,89 triliun rupiah).

Lewat angka skuat 485 juta euro (7,062 triliun rupiah), Barcelona ada di urutan ke 3 daftar ini. Di belakangnya ada Chelsea dengan angka 481 juta euro (7,004 triliun rupiah).

Juventus adalah klub Italia di urutan paling atas di daftar ini (urutan 7). Skuat Bianconeri dikatakan mempunyai nilai 395 juta euro (5,7 triliun rupiah).

Leave a Reply