Portugal Selalu Menang di Babak Penalti

Portugal sukses melaju ke babak semifinal di Piala Eropa ini. A Seleccao da Quinas meraih hal tersebut dengan mencatat sesuatu yang beda, yaitu selalu menang di waktu perpanjangan.

Portugal masuk di babak semifinal setelah menangkan laga atas Polandia lewat adu penalti pada pertandingan yang berlangsung pada hari Jumat (1/7/2016) dinihari WIB, di Stade Vélodrome. Skor seri 1-1 pada saat lama berjalan normal dan juga waktu tambahan, Portugal berhasil menang dengan skor 5-3 lewat babak penalti.

Ini adalah babak semifinal ke 5 kalinya bagi Portugal pada 7 kali mereka ikuti Piala Eropa. Uniknya, sampai saat ini pada Piala Eropa 2016, tim yang di besut oleh Fernando Santos tersebut masih belum dapat mencatatkan kemenangan lewat bermain di waktu normal.

Selama tahap grup, Portugal hanya bermain imbang pada 3 laga. Yaitu melawan Islandia, Austria, dan Hongaria.

Saat kemenangan dengan skor tipis 1-0 melawan Kroasia pada partai 16 besar, Portugal membuat catatan pada babak tambahan, di pertandingan tersebut sang lawan lebih dominan. Catatan tersebut sama seperti pertandingan melawan Polandia.

Sedangkan Polandia, perlu menerima hasil negative yaitu tergusur usai sebelumnya tak pernah berada di urutan yang tertinggal. Pada tahap grup, Polandia berhasil meraih kemenangan 2 kali yaitu melawan Irlandia Utara dan Ukraina dengan skor 1-0 masing-masing laga, dan skor seri 0-0 melawan Jerman.

Pada partai 16 besar, Polandia lebih awal mendominasi saat melawan Swiss sebelum skor seri 1-1 sampai waktu tambahan berakhir. Tim yang di besut oleh Adam Nawalka berhasil lolos setelah menangkan laga lewat adu penalti dengan skor 5-4.

Hadapi Portugal, Polandia pun lebih awal unggul. Tendangan yang dilancarkan Robert Lewandowski pada menit ke 2. Skor kembali imbang setelah Renato Sanches mencetak angka. Skor ini bertahan hingga waktu tambahan berakhir lalu memasuki adu penalti.

Leave a Reply