Portugal Selalu Optimis Dapat Memenangi Trofi Juara

Portugal mulai tidak di unggulkan usai perjalanannya yang kurang oke pada tahap grup. Namun mereka pribadi dikatakan selalu membuat diri mereka optimis dengan kesempatan menjadi juara.

Portugal yang mempunyai level skuat dan pemain besarnya yaitu Cristiano Ronaldo, menjadi sebuah alasan menjadi tim yang di unggulkan pada Piala Eropa 2016. Tapi performa yang tidak impresif pada fase grup mengakibatkan mereka terlihat tidak di utamakan.

Berada bersama dengan Hongaria, Islandia, dan Austria dalam 1 grup, tim yang di besu oleh Fernando Santos itu hanya sukses masuk di urutan ketiga usai mendapat hasil imbang berturut-turut dalam 3 laganya. Sementara awalnya mereka disebut-sebut akan menempati urutan teratas pada grup.

Dari waktu itu mereka dianggap tak lagi menjadi calon kuat juara. Ditambah pada babak 16 besar dan juga babak perempatfinal, hasil yang merka dapat tidak kunjung lebih baik.

Mereka berusaha keras untuk menang dengan skor tipis 1-0 saat melawan Kroasia pada babak 16 besar, pada babak tambahan setelah bermain hampir selama pertandingan tertekan. Pada babak perempatfinal, Portugal berhasil menang setelah menang lewat adu penalti di pertandingan yang berakhir dengan skor 1-1 dalam waktu 120 menit, di mana mereka sempat tertinggal lebih awal.

Pada babak semifinal, Portugal berhasil menangkan laga dengan impresif yaitu skor 2-0 saat menghadapi Wales. Di babak puncak yang berlangsung pada hari Senin (11/6/2016) dinihari WIB tadi, di Stade de France, Ronaldo dan rekan-rekannya lagi-lagi perlu waktu lebih dari 90 menit untuk menangkan laga dengan skor tipis 1-0, pada laga yang di mana Prancis lebih sering memberikan ancaman.

Walau begitu, Santos mengatakan ia tetap optimis dengan level yang dimiliki oleh skuatnya.

“Saya telah sering mengungkapkan kalau merupakan tim. Saya tak pernah menutupi apa yang saya pikirkan, saya selalu mengungkapkan kepada pemain-pemainku apa yang sedang saya pikirkan,” ucap Santos.

“Sudah sering saya ungkapkan kepada mereka kalau kami memiliki potensi yang hebat, namun kami harus berusaha lebih lagi dari para lawan kami, melaju lebih baik lagi dari mereka, dan semakin fokus dari mereka.”

Leave a Reply