Quaresma Ambil Tugas Ronaldo

Banyak orang mungkin telah sedikit melupakan nama Ricardo Quaresma. Tapi dirinya tetap ada untuk Portugal di waktu yang tempat.

Quaresma muncul sebagai pahlawan yang membuat Portugal menangkan laga melawan Kroasia pada laga babak 16 besar di Piala Eropa malam tadi, atau tepatnya hari Minggu (26/6/2016) dinihari WIB.

Belum lama memasuki lapangan pada menit 87, berperan menggantikan posisi Joao Mario, pemain tersebut mencetak angka satu-satunya pada menit 117. Angka itu merupakan ke 8-nya selama 54 kali tampil untuk Portugal.

Pemain sayap yang berusia 32 tahun tersebut tahu betul kemana ia perlu berlari saat timnya melancarkan serangan. Ketika Nani melesatkan umpan pada Cristiano Ronaldo yang berada di sisi kanan, Quaresma memasuki tengah kotak. Saat Ronaldo melesatkan tendangan ke arah tiang dekat, Quaresma melaju ke mulut gawang. Dan akhirnya saat tendangan Ronaldo bisa ditahan kiper Danijel Subasic, Quaresma yang berada di tempat yang oke untuk menciptakan rebound. Dan dengan mudah ia menyundul bola dan akhirnya Portugal berhasil masuk ke babak perempatfinal.

“Kami berusaha dengan keras. Kami tahu bermacam-macam kesulitan, serangan seperti apa yang bakal kami berhadapan dengan mereka. Bagiku, penampilan kami begitu oke dan kami yakin selalu Lalu kami ucapkan selamat karena dedikasi yang kami berikan ini,” ucap sang penyelamat.

Biarpun nama Quaresma sempat berkibar ketika bermain untuk para klub atas seperti FC Porto, Barcelona, Chelsea, dan Inter Milan, sebenarnya tak kerap cemerlang pun di timnas. Dia dapat dikatakan tak sering turun pada kompetisi besar.

Tidak ditunjuk untuk masuk ke dalam tim di Piala Eropa tahun 2004 dan Olimpiade tahun 2004, Quaresma pernah bermain pada babak kualifikasi di Piala Dunia tahun 2006, namun namanya tidak dicoret pada daftar tim untuk putaran final.

Dia terdaftar dalam skuat di Piala Eropa tahun 2008, namun cuma untuk menjadi pemain cadangan. Lalu Quaresma tak ikut turun di Piala Dunia yahun 2010, Euro 2012, dan Piala Dunia tahun 2014.

Leave a Reply