Spanyol Dikalahkan Bukan Karena Bermain Buruk

 

Sebelum berlangsungnya Euro 2016, Spanyol malah dapatkan kekalahan yang mencengangkan saat berhadapan dengan tim yang berada di peringkat bawah yaitu Georgia. Vicente del Bosque beranggapan kalau kekalahan Spanyol bukan karena mereka bermain buruk.

Bermain di depan para penonton kotanya sendiri yang berlangsung di Stadion Alfonso Perez, La Furia Roja harus kalah dengan skor 0-1. Walaupun mereka lebih menguasai bola selama laga berlangsung, Spanyol tidak dapat membalas angka yang di cetak Georgia yang tercipta lewat pemainnya Tornike Okriashvili di menit ke 40.

Cetak angka itu tercipta usai pertahanan El Matador hilang konsentrasinya akibat serangan balik yang cepat. Umpan Jaba Jigauri diberikan untuk Okriashvili, yang tak ada penjagaan sampai dirinya dengan mudah melesatkan sepakan dari jarak dekat.

Ini merupakan kekalahan untuk pertama kalinya diterima Spanyol dalam 12 laga terakhir atau semenjak dikalahkan oleh Belanda dengan skor 0-2 di pertandingan ujicoba akhir bulan Mei 2015. Walau kalah ketika memerlukan suntikan moral sebelum kompetisi besar dimulai, Del Bosque tak merasa was-was.

“Saya akui kalau hari ini kami mencari penambahan kepercayaan diri, untuk membuat keadaan bagus di dalam tim,” ujar pelatih Spanyol tersebut.

“Kenyataan tidak berkata seperti itu, namun sebaliknya, tentunya menjadi kekecewaan yang besar.”

“Kami tak tampilkan permainan yang buruk, namun kami hanya tidak akurat dalam melancarkan serangan, tak bisa membongkar dinding pertahanan milik Georgia yang tertata dengan sangat baik,” lanjut dia.

“Kami tak mesti berusaha dan membenarkan hasil laganya, yang seharunya menerima hasil tersebut, kami masih mempunyai tantangan lain di luar yang luar biasa besar di hadapan kami dan hasil tersebut tak mengubah hal itu,” ucap Del Bosque.

“Ini merupakan hasil yang kurang baik untuk kami terima, namun hasil itu seharusnya tak melupakan betapa antusiasnya kami menyambut kompetisi atau mengakibatkan perasaan takut karena apa yang akan kami hadapi kedepannya.”

Leave a Reply