Tanpa Messi Apa Jadinya Barcelona?

Lionel Messi selama 3 pekan tak akan main karena cedera yang dialami olehnya. Walau masih memiliki pemain andalan lain seperti Neymar dan Luis Suarez, tanpa adanya Messi secara statistik terbukti masih berpengaruh pada penampilan The Catalans.

Dari musim 2006/2007, Messi hanya tak ikut pada 97 laga Barca di semua ajang. Sebagian besar berlangsung dikarenakan pemain bintang yang berasal dari Argentina tersebut alami cedera, sedangkan untuk putaran atau absen karena bermain untuk negaranya dapat dikatakan minim.

Kalau Messi ada pada skuat Barca dan turun ke lapangan, peluang menang The Catalans hingga 70 persen. Sementara hasil imbang dan kalah masing-masing hanya mencapai 19 dan 11 persen saja.

Sedangkan kalau Messi tak ikut main, peluang Barcelona untuk menang akan menurun, walau tak banyak. Tanpa adanya Messi, peluang mereka turun menjadi 66 persen. Hasil imbang jadi 21 persen dan kalah menjadi 13 persen.

Sedangkan untuk urusan cetak angka, rata-rata angka Barcelona melangsungkan laga kalau ada Messi ialah 2,65. Sedangkan tanpa adanya Messi, Barca masuki rata-rata 2,3 angka tiap laga.

Biarpun demikian, hal tersebut tak memperlihatkan keadaan sesungguhnya ketika Barcelona tanpa adanya Messi. Di sejumlah pertandingan, yang utama di kompetisi Copa del Rey, Barca masih bisa menang besar walaupun tanpa adanya Messi. Hal tersebut terjadi karena lawan yang dilawan ialah klub semenjana. Sedangkan di sejumlah pertandingan berhadapan dengan tim kuat, Tanpa ada Messi bakal berpengaruh besar.

Messi mendapat cedera pada bagian pangkal paha ketika Barcelona berhadapan dengan Atletico Madrid pada tengah pekan ini. Cedera itu diprediksi bakal membuat dirinya tak merumput hingga 3 pekan. Beberapa pertandingan yang berpeluang tanpa ada Messi ialah Sporting Gijon (La Liga), Borussia Moenchengladbach (Liga Champions), Celta Vigo (LL) dan Deportivo La Coruna (LL).

Leave a Reply