Teknologi VAR Bakal Dipakai Pada Piala Dunia 2018

Gianni Infantino

Presiden FIFA, Gianni Infantino mengumumkan jika teknologi Video Assisntant Referees (VAR) bakal resmi dipakai untuk membantu wasit membuat keputusan pada kompetisi Piala Dunia 2018.

Teknologi VAR sendiri telah diuji beberapa kali pada sebuah laga internasional. Yang masih berada dalam ingatan kita ialah ketika teknologi ini diuji pada pertandingan antara Prancis kontra Spanyol beberapa waktu lalu.

Ketika itu Wasit Felix Zwayer yang memimpin pertandingan itu terpaksa membuat keputusan yang butuh pertimbangan dari teknologi itu. Zwayer membuat dua keputusan krusial ketika dirinya menganulir gol Antoine Griezmann dan mengesahkan gol Gerard Deulofeu.

Sejumlah pihak sempat memberi penolakan terkait penggunaan teknologi tersebut dalam sebuah pertandingan. Akan tetapi Gianni Infantino mengungkapkan jika VAR bakal diterapkan di Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang.

“Kami bakal memakai video untuk membantu wasit dalam Piala Dunia 2018, karena sejauh ini kami sudah mendapat umpan balik yang positif,” ujar Gianni Infantino seperti dilansir Football Italia.

“Dengan teknologi tersebut seluruh orang atau penonton bisa menjadi saksi jika wasit salah membuat keputusan. Ini bakal adil untuk semuanya,” tutupnya.