Terim: Kalau Saja Turki Unggul Lebih awal

Fatih Terim sebagai pelatih tim nasional Turki telah akui bahwa Kroasia bermain lebih oke. Tetapi Terim menganggap keadaan mungkin akan berbeda jika Turki berhasil mencetak angka lebih awal.

Menjalani laga berhadapan dengan Kroasia yang berlangsung di Parc de Prince, Paris, pada hari Minggu (12/6/2016), di pertandingan awal Grup D, Turki terpaksa harus menerima kekalahan. Angka yang berhasil dicetak oleh Luka Modric membuat Turki kalah dengan skor 0-1.

Sebelum kecolongan angka Modric pada menit ke 41, Turki pernah dapatkan kesempatan baik di menit ke 27. Tetapi sundulan keras yang dilakukan Ozan Tufan yang melanjutkan umpan lambung oleh Gokhan Gonul berhasil dipatahkan oleh Danijel Subasic pada garis gawang.

Terim kecewa dengan kesempatan yang tak berhasil dimanfaatkan pada babak pertama tersebut. Karena di babak paruh kedua, Terim akui kondisi fisik para pemainnya semakin lama semakin menurun.

“Kami tambil lebih baik pada babak pertama. Kroasia lebih oke dibandingkan kami saat memasuki babak kedua, namun kami memiliki kesempatan besar dalam mencetak angka pertama. Kalau kami dapat mewujudkannya, bisa saja hasil laga akan berbeda,” ucap Terim.

“Memasuki babak kedua, tepatnya usai 60 menit, stamina kami semakin lama semakin menurun dan Kroasia memiliki stamina yang lebih baik dibanding kami, mereka memiliki kesempatan lebih banyak.”

Terim pun akui saat dirinya melakukan pergantian pemain saat laga itu berlangsung tidaklah berpengaruh. Biarpun dapatkan hasil negative pada pertandingan awal, Terim masih tidam ingin menyerah.

“Kami berusaha untuk kembali menyatu namun kami tak meraih apa yang kami inginkan dari para pemain pengganti,” lanjut Terim.

“Ini bukanlah akhir. Di periode ini, kami mesti menaikan performa. Kami akan ambil pengalaman untuk dipelajari lewat laga hari ini, terkadang dengan melakukan pergantian pemain belum tentu Anda akan sukses.”

“Kami memiliki 2 pertandingan lagi, berhadapan dengan Spanyol dan Republik Ceko, dan kami bakal menunjukkan performa kami yang paling baik. Kami akan selalu berusaha,” ujarnya.

Turki berikutnya akan berhadapan dengan Spanyol pada tanggal 17 Juni.

Leave a Reply