Usai Menang Atas Spanyol, Kroasia Makin Pede

Beberapa pemain Kroasia di istirahatkan namun mereka masih dapat menangkan laga atas Spanyol. Partai 16 besar pun dimasuki oleh Kroasia dengan kepercayaan diri yang tinggi.

Lebih awal tertinggal di pertandingan yang berlangsung pada hari Rabu (22/6/2016) dinihari WIB, Kroasia mampu memutar balik keadaan dan akhirnya berhasil menang dengan skor 2-1 saat melawan Spanyol yang adalah juara di Piala Eropa 2 edisi yang lalu.

Jadi Spanyol juga akhirnya merasakan lagi kekalahan saat berada di Piala Eropa usai tak lagi merasakan hal serupa semenjak 20 Juni 2004. Baru saat inilah Spanyol dikalahpad pada pertandingan di Piala Eropa usai lebih dulu unggul.

Menariknya, sang pelatih Ante Cacic tak memainkan skuat utamanya. Dia akui menahan 5 pemain untuk istirahat pada pertandingan menghadapi Spanyol, termasuk tak menurunkan playmaker Luka Modric dan juga pemain penyerangnya Mario Mandzukic.

“Sebelum pertandingan ini aku berharap bisa turunkan di pertandingan selanjutnya di babak 16 besar dengan pemain-pemain yang masih fit. Ini adalah suatu wujud besar dan saat ini kami bisa lebih pede,” ujar Cacic.

Hasil itu membawa Kroasia masuk ke babak 16 besar menjadi juara di Grup D, serta menggusur Spanyol jadi berada di posisi runner-up grup sehingga akan melawan Italia di partai itu. Umumnya, Spanyol pun ada di setengah bagan yang didalamnya ada beberap tim hebat seperti Jerman, Prancis, dan Inggris. Sedangkan Kroasia malah kebalikannya.

“Kita dapat berbincang tetangan bagaimana setengah bagian dari daftar lebih sesuai namun tetap saja Anda perlu menangkan semua laga. Bisa saja kami memiliki langkah yang semakin mudah, namun kami perlu melangkan perlahan-lahan,” katanya.

“Tim ini layaknya negeri milik kami. Pemain-pemain telah menunjukkan cara menjadi wakil negaranya dan juga bagaimana harus bersikap,” ucap Cacic.

Leave a Reply