Wenger Sebut untuk Jadi Juara Perlu Para Pemain Berpengalaman

Arsene Wenger sampai saat ini disebut senang mengutamakan bakat muda dengan Arsenal. Namun untuk menjadi juara, ia akui memang butuh pengalaman yang sepadan dari para pemain.

Wenger sampai sekarang ini dikenal sebagai seorang manajer yang memiliki perhatian besar kepada para pemain muda. Ia tidak ragu berikan peluang besar untuk para talenta baru yang masih muda.

Panggil saja para pemain layaknya Cesc Fabregas, Aaron Ramsey, Jack Wilshere, serta Robin van Persie yang telah diberi kepercayaan untuk tampil oleh Wenger sedari masih berumur muda. Sedangkan sekarang ini, beberapa anggota skuat utama The Gunners pun cenderung masih muda.

Contohnya seperti Calum Chambers, Rob Holding, Hector Bellerin, atau Chuba Akpom, baru menginjak umur 21 tahun tetapi telah cukup menjadi angalan di tim. Sedangkan Alex Oxlade Chamberlain (umur 23) atau Francis Coquelin (umur 25) sudah sedari beberapa musim terakhir menjadi pemain andalan Wenger.

Walau begitu, Wenger sendiri akui kalau untuk menjadi juara, tim tidak dapat seutuhnya menaruh harapan kepada bakat dari para pemain muda. Tekanan saat perselisihan memburu titel disebut olehnya cuma dapat dilawan dengan pengalaman di tingkatan tinggi.

“Agar bisa menjadi seorang pemain sepakbola yang sebenarnya, Anda harus berumur paling tidak 23 tahun sebab sebelumnya Anda telah pelajari tugas Anda di mana Anda dapat bermain oke dan selanjutnya, kadang-kadang main seperti biasanya saja,” ujar Wenger.

“Anda mungkin saja memiliki satu atau dua bakat yang hebat, seperti sekarang ini kami memiliki Hector Bellerin dan Alex Iwoni. Namun inti dari tim perlu menginjak umur 23 hingga 30 tahun.”

“Jika Anda menyaksikan ke beberapa timnas, Anda tidak pernah menangkan turnamen dengan tim muda. Karena memang lebih tuntut aspek mental di beberapa sesi untuk menangkan sesuatu yang berarti. Anda harus memiliki level tertentu pada pengalaman,” ucapnya.

Arsenal telah lama tidak merasakan juara di Premier League, terakhir kali di musim 2003/2004. Gelar bergengsi yang mereka raih belum lama ini ialah Piala FA, yaitu di musim 2013/2014 dan 2014/2015.

Leave a Reply